Rabu, 13 April 2011

Belajar Dari Akhlaq Ustadz Salafi Hc /ALK

Judul Buku : Belajar dari Akhlak ust Salafi 
Penulis : Ust Abduh Zulfidar Akaha
HarGa : 59.000
Hardisk : 50.000

Sebenarnya, tak ada persoalan dengan manhaj salaf. Sebab, secara harfiah, salafi adalah mengikuti kaum salaf, yakni Rasulullah Saw dan para sahabat.
Setiap Muslim yang beraqidah shahih tentu bercita-cita agar dapat meneladani qudwah kaum Muslimin hingga akhir zaman: Rasulullah Saw. Merekalah dan para pengikutnya yang disebut sebagai salaf ash-shalih, kaum shalih terdahulu.

Persoalan muncul ketika sebagian kalangan mengklaim diri sebagai salafi sejati. Yang lain pun dianggap sebagai ‘bukan salafi.’ Tak hanya itu, kalangan ini pun gampang memaki dan melecehkan para ulama Ahlus Sunnah yang tidak sama dengan kelompoknya, dengan tuduhan ahlul bid’ah , khawarij, teroris dan setumpuk tuduhan keji dan tak berdasar lainnya. Inikah yang dimaksud dengan manhaj salaf yang sebenarnya?

Tentu saja tidak. Para ulama salaf tak hanya mewariskan lautan ilmu yang hingga hari ini belum tuntas terkaji. Tapi juga kedalaman hikmah dan kesantunan etika dalam berbeda pendapat. Kemampuan mengelola perbedaan pendapat inilah yang merupakan salah satu pilar yang mengantarkan umat Islam memimpin peradaban dunia selama tujuh abad lamanya.

Buku yang ditulis oleh Ustadz Abduh Zulfidar Akaha ini merupakan bantahan terhadap buku Menebar Dusta Membela Teroris Khawarij (MDMTK), karya Al Ustadz Luqman Ba’abduh. Buku ini berupaya menguraikan sekaligus meluruskan berbagai syubhat, klaim dan tuduhan yang hanya akan merusak citra manhaj salaf, oleh kalangan yang mengklaim diri sebagai salafi yang sebenarnya. Penulis berupaya secara jernih meluruskan berbagai aspek dari manhaj salaf yang termuat dalam buku MDMTK, dengan menghindari ungkapan yang memerahkan kuping ataupun membakar emosi.

Buku ini berupaya menampilkan contoh perdebatan yang sehat dengan tekad mengikuti kebenaran. Kelengkapan referensi, salah satu ciri sang penulis, tampak dalam catatan kaki yang bertebaran di sana-sini. Kejernihan dan ketelatenan adalah pesona tersendiri dari buku ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar