Jumat, 04 Februari 2011

Tubuh Anda Adalah Dokter Terbaik

Author:DR. Husen A. Bajry, M.D., Ph.D.
Penerbit : hayati Qualita
Tahun terbit : 2008
Tebal : 170 hal
Harga :  Rp 65.000
HardCover

“Sehat itu nilainya lebih mahal daripada dunia seisinya”, mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan pepatah ini. Sehat itu memang sangat mahal, bahkan
ada yang mengatakan bahwa orang miskin tidak boleh sakit karena biaya rumah sakit yang kadang tidak terjangkau oleh mereka. Contoh sederhana jika kita di suruh memilih
antara satu bola mata saja dengan keseluruhan kekayaan yang kita punya pasti kita akan memilih bola mata tersebut. Kalau kita sakit pasti aktifitas kita menjadi terganggu, dan kita baru menyadari betapa berharganya kesehatan ketika tubuh sudah terserang penyakit.

sekarang ilmu kedokteran semakin canggih. Jumlah rumah sakit dan dokter juga semakin banyak. Industri farmasi dan vaksinasi pencegah penyakit semakin berkembang, penelitian demi penelitian semakin gencar dilakukan dengan standarisasi teknologi yang jauh lebih baik, tetapi mengapa justru daya tahan manusia semakin rendah dan orang sehat semakin langkah.

Munculnya berbagai penyakit ini karena kurangnya kemampuan kita untuk mengkontrol pola makan dan pola hidup. Banyak makanan instan ataupun junk food ( makanan sampah) yang lebih sering kita konsumsi ketimbang makanan yang bergizi. Sering ketika kita makan hanya menyusuaikan selera lidah daripada makanan penuh nutirsi yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Ditambah lagi ketidakpahaman terhadap tubuh kita sendiri, sehingga ketika tubuh “ bicara” dengan sinyal – sinyal tertentu, seperti mual, pusing, diare ataupun yang lain kita tidak segera meresponnya.

Banyak dari kita ataupun masyarakat pada umumnya menganggap bahwa sehat itu identik dengan “ obat dan dokter”. Kondisi ini juga diperparah dengan adanya iklan obat – obatan yang memberikan informasi yang keliru, bahkan cenderung merusak merusak pola pikir masyarakat tentang makna sehat sesungguhnya.
Kalau menelaah lebih jernih dan mendalam. Sesungguhnya Tuhan telah menganugerahkan bentuk sempurna pada tubuh kita. Tidak hanya bentuk fisiknya yang indah, tetapi juga kealamihan tubuh kita untuk membentuk sistem imun. Menangkal berbagai macam penyakit yang datang menyerang.

Husein A. Bajri dalam bukunya Tubuh Anda Adalah Dokter yang terbaik, mengajak kita untuk sehat dengan kembali ke alam “ Back to the Nature” . memulai dengan makanan yang bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makan berbagai jenis sayuran dan buah – buahan serta rempah yang alami. Mengvariasikan jenis , warna dan rasanya, serta mengurangi makanan yang mengandung banyak zat pengawet, pewarna ataupun penyedap.
Sebisa mungkin untuk tidak meminum obat jika tubuh memberikan sinyal – sinyal positif yang disebut healing process, seperti sakit kepala, diare, mual, demam ataupun yang lainnya. Gejala – gejala tersebut timbul sebagai reaksi alami tubuh, disebabkan karena tubuh sedang melakukan detoksifikasi atau pengeluaran sampah – sampah yang bertumpuk dan hanya membebani tubuh.

Minum air putih, minimal 2 liter dalam sehari, karena air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lebih dari 70 % dari berat sel adalah air sehingga seluruh kegiatan dalam sel berlangsung dalam lingkungan cair. Air itu ibarat pelumas yang sangat dibutuhkan tubuh. Kurang minum akan membuat racun sisa olahan tubuh tertumpuk di dalam sistem tubuh kita dan tidak bisa diangkut ke sistem pembuangan tubuh, dampaknya tubuh akan mudah berkarat. berbagai penelitian menyatakan bahwa air ini manfaatnya luar biasa dalam mencegah berbagai penyakit ringan maupun berat.

Terjalinnya komunikasi yang yang baik antara tubuh dan pemiliknya juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Semakin kita paham akan tubuh kita sendiri maka akan terjalin komunikasi antara kita dan tubuh kita. Sehingga antara sel yang satu dangan yang lain akan menghasilkan mekanisme tubuh yang begitu menakjubkan. Kapanpun tubuh kita berbicara tentu kita akan meresponnya dengan baik karena kita tahu apa yang diinginkan tubuh kita.

Pada beberapa bab di buku ini, kita juga diajak untuk memahami pencernaan kita seperti lambung, usus kecil dan usus besar. Mengetahui bagaimana sistem pencernaan kita bekerja sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal dan juga dipaparkan bagaimana merawat organ – organ pencernaan agar tidak cepat rusak.
Sebenarnya sehat itu murah, kalau kita bisa memperlakukan tubuh kita dengan baik. Memberikan makanan yang seimbang yang diperlukan oleh tubuh, minum air putih yang banyak dan menjalin komunikasi yang baik dengan tubuh kita. Berpikir positif itu juga penting agar tidak mudah terserang penyakit karena kebanyakan penyakit yang kita derita itu sumbernya dari stress yang berlebihan. Jadi mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Dengan gaya bahasa yang sederhana dan jelas menjadikan buku ini mudah dipahami. Di hampir tiap halaman terdapat pokok pikiran yang ditulis tebal di dalam kotak sehingga memudahkan pembaca menangkap ide yang ingin disampaikan penulis dan bagi yang tidak punya banyak waktu untuk membaca secara keseluruhan , cukup dengan membaca ide pokok yang ada di dalam kotak dan itu sudah mewakili. Buku ini juga terdapat gambar – gambar dengan banyak warna sehingga tidak membuat bosan jika membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar